• home
Home » , » Minum Kopi Bermanfaat Bagi Kesehatan

Minum Kopi Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kopi merupakan minuman yang sangat mendunia. Siapa yang tak mengenal minuman yang identik dengan rasa pahitnya yang khas, plus khasiatnya yang konon dapat mencegah kantuk. Mengawali hari dengan secangkir kopi, bagi sebagian orang bahkan sudah menjadi keharusan tersendiri. Tak lengkap rasanya memulai hari tanpa kopi.

Dibalik semua itu, kopi ternyata memiliki berbagai khasiat bermanfaat bagi tubuh. Dengan dosis yang tepat dan tidak berlebihan, kopi disebutkan mampu memberi energi dan menekan depresi. Bahkan ada penelitian menyebutkan, kopi juga bisa mencegah resiko terkena kanker.


Pria yang mengkonsumsi enam cangkir kopi perhari, memiliki kemungkinan penurunan resiko terkena kanker prostat sekitar 60%, serta penurunan jenis lain kanker prostat sekitar 20%. Setidaknya itulah yang dikemukakan dari hasil studi Harvard School of Public Health.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of National Cancer Institute ini juga menyebutkan, minum kopi secara rutin setiap hari, 1 sampai 3 cangkir, mengurangi resiko kanker prostat sekitar 30%.
Menurut hasil penelitian dari Harvard, wanita yang rutin mengkonsumsi kopi memiliki resiko terkena depresi lebih rendah dibanding yang tidak minum kopi. Penelitian yang dipublikasikan dalam Archieves of Internal Medicine ini menyebutkan, mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi perhari akan menurunkan resiko depresi hingga 15%. Sedangkan dengan konsumsi 4 cangkir kopi atau lebih perharinya, akan menurunkan resiko terkena depresi hingga 20%.

Para peneliti dari Brigham dan Women 's Hospital dan Harvard Medical School menemukan bahwa wanita yang minum tiga atau lebih cangkir kopi berkafein sehari memiliki risiko 20 persen lebih rendah dari kanker kulit, sedangkan pria memiliki risiko 9 persen lebih rendah.

Menurut penelitian yang baru dipresentasikan dalam konferensi American Association for Cancer Research, kopi membantu menangkal karsinoma sel basal, yaitu kanker yang saat ini paling umum di dunia.

Dengan beragam manfaatnya, tentu mengkonsumsi kopi semakin nikmat. Namun semua itu tentu saja jika kita lakukan dalam kadar yang tidak berlebihan. Mengkonsumsi kopi yang berlebihan dipastikan tidak baik bagi tubuh karena mempengaruhi kerja jantung dan tekanan darah. Selain itu, kafein dalam kopi juga dipastikan bersifat adiktif. Meski kafein memiliki khasiat meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, namun mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan juga tidak baik bagi tubuh.

Baca Juga Tips Lainnya
Sumber : Berbagai sumber