• home
Home » , » Kebiasaan Sehari – Hari Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Anda

Kebiasaan Sehari – Hari Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Anda

Pola hidup yang kita jalani, terbukti sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Hal ini dimulai dari rutinitas kegiatan yang kita jalani, makanan yang kita konsumsi hingga lingkungan sekitar tempat kita menghabiskan hari atau melakukan pekerjaan.

Namun tanpa kita sadar, meski sudah menjaga pola hidup yang baik, ada beberapa kebiasaan kita yang tanpa sadar sangat buruk bagi kesehatan dan hidup kita. Meski terlihat sepele dan tidak membahayakan, namun pada jangka panjang, kebiasaan tersebut akan mempengaruhi kesehatan, bahkan dapat menyebabkan kematian. Lalu apa saja kebiasaan yang harus kita waspadai tersebut?

Menurut beberapa peneliti kesehatan, duduk terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama, sangat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, peneliti menganjurkan untuk melakukan olahraga ringan, atau sekedar berjalan, kurang lebih 30 menit secara rutin setiap harinya di sela- sela pekerjaan / kegiatan yang mengharuskan anda duduk terlalu lama. Ini akan membuat anda terhindar dari resiko akibat duduk terlalu lama, sekaligus menyehatkan tubuh anda.

Sudah bukan rahasia lagi, merokok sangat mengganggu kesehatan tubuh. Zat yang terkandung dalam setiap batang rokok memiliki efek negatife untuk tiap inchi organ tubuh kita. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca efek buruk merokok disini.

Selain itu, berada di lingkungan perokok, atau ruangan yang penuh dengan asap rokok juga terbukti sangat berbahaya bagi kesehatan anda, terlebih bagi anak-anak. Perokok pasif memiliki resiko tinggi menderita kanker paru – paru, penyakit jantung koroner, dan gangguan pernafasan. Sedangkan bagi wanita hamil, paparan asap rokok dapat menyebabkan bayi terlahir dengan berat badan rendah, bronchitis dan pneumonia, serta infeksi rongga telinga dan asthma.
Jadi jangan pernah ragu menegur perokok di sekitar anda, atau di lingkungan kerja anda. Dan jangan pernah merasa buruk untuk meninggalkan perokok yang duduk di sebelah anda.

Meski terasa praktis, dan cenderung memiliki rasa yang menggoda, terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji sangat buruk efeknya bagi kesehatan. Konsumsi yang berlebihan pada makanan yang disebut “junk food” ini dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, kolesterol, ganggaun tekanan darah, struk hingga kanker. Bahkan pelaku konsumsi makanan siap saji yang berlebihan cenderung mengalami obesitas, dan tak sedikit yang meninggal dunia karena kelebihan berat badan.

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang sering kita lakukan, namun tanpa kita sadari sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, mulailah pola hidup sehat, demi kelangsungan hidup yang lebih baik.

Baca Juga Tips Lainnya
Sumber : Berbagai sumber