• home
Home » » Tips Merawat Kaos / T-Shirt Kesayangan Anda

Tips Merawat Kaos / T-Shirt Kesayangan Anda

Baju kaos atau T-shirt merupakan kostum yang paling umum digunakan oleh berbagai kalangan. Kaos memiliki kesan santai, casual dan non-formal. Maka dari itu, baju kaos identik dengan baju main, hang out dan bersantai. Selain baju kaos / t-shirt juga sangat simpel dan mudah untuk digunakan.

Tak jarang, baju kaos / T-Shirt juga menjadi gambaran atau cerminan dari pemakainya. Lihat saja banyaknya t-shirt yang memiliki tulisan dengan berbagai arti, atau menggambarkan minat dan hobi seseorang. Mulai kaos bergambar kartun, game, kamera, sepeda, atau tulisan yang memiliki makna seperti Cinta Indonesia, atau Save Earth dsb.

Namun bagi anda yang pecinta baju kaos / t-shirt, ada baiknya untuk memperhatikan perawatan t-shirt koleksi anda tersebut. Penanganan yang kurang tepat, akan membuat warna kaos dan sablon menjadi luntur, atau bahkan t-shirt menjadi melar. Oleh karena itu, simak tips merawat kaos / t-shirt berikut ini.

Ketika akan mencuci kaos / t-shirt, pilah dan pisahkan kaos / t-shirt kesayangan anda. Jangan campur kaos / t-shirt dengan pakaian lain, serta pisahkan pula pakaian berwarna kuat dengan yang putih. Ini akan mencegah kaos anda tercampur dengan pakaian yang dapat luntur, dan merawat warna sablon kaos / t-shirt anda.

Setelah dipilah dan dipisahkan, kaos / t-shirt jangan direndam terlalu lama. Untuk kaos yang masih baru, jangan direndam lebih dari 30 menit, dan untuk kaos lama jangan melebihi 1 jam. Air yang digunakan untuk merendam juga jangan diberi terlalu banyak detergen. Perendaman yang terlalu lama dan deterjen yang terlalu banyak akan merusak kaos / t-shirt dan membuat sablon terkelupas atau cepat rusak.

Untuk menjaga dan merawat kualitas kaos / t-shirt anda, usahakan untuk tidak menggunakan pemutih dan jangan disikat. Kaos / t-shirt juga sebaiknya jangan dicuci menggunakan mesin cuci. Putaran dalam mesin cuci akan membuat bahan kaos / t-shirt ditarik-ulur, sehingga membuat t-shirt kesayangan anda menjadi melar. Kaos biasanya memiliki bahan dengan tekstur lembut, oleh karena itu lebih baik jika dicuci menggunakan tangan, dan jangan dikucek terlalu keras.

Saat menjemur kaos / t-shirt yang sudah dicuci, usahakan jangan menggunakan hanger. T-shirt yang berat karena air, akan membuat bagian kerah yang tertahan hanger menjadi melar. Namun begitu, menjemur di tali/kawat jemuran juga tidak dianjurkan, karena dapat membuat kaos menjadi kusut. Cobalah jemur di jemuran dari aluminium / besi atau sejenisnya yang bulat dan halus. Dan jangan lupa, selalu jemur kaos / t-shirt kesayangan anda dalam posisi terbalik, sablon kaos selalu di bagian dalam. Ini berguna mencegah warna kaos dan sablon memudar akibat paparan matahari.

Setelah kaos / t-shirt anda selesai dicuci dan kering, langsung setrika agar tersimpan rapih. Untuk kaos yang memiliki sablon, ada baiknya anda menyetrikanya dengan posisi terbalik, sehingga sablon tidak terkena panas setrika secara langsung. Atau anda dapat pula melapis kaos anda dengan kain lain ketika akan disetrika. Jangan lupa pula menyetel setrika pada panas yang sedang saja.

Terakhir, jangan gunakan kaos / t-shirt kesayangan anda ketika tidur. Keringat yang dikeluarkan saat tidur dan debu pada kasur akan membuat kaos menjadi cepat ‘buluk’. Lagipula, buat apa kaos keren tapi cuma dipakai tidur 

Baca Juga Tips Lainnya
Sumber : Berbagai sumber