• home
Home » , » Kandungan Gizi, Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi, Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Siapa yang tak mengenal buah pisang. Buah yang identik dengan warna kuning ketika telah masak ini, tumbuh dalam tandan dan menyusun berjari yang disebut sisir. Pada umumnya, buah pisang konsumsi memiliki rasa yang manis. Namun ada pula pohon berbuah pisang yang tidak dapat dikonsumsi, namun masih dikategorikan sebagai ‘buah pisang’.

Buah pisang sangatlah direkomendasikan oleh pakar kesehatan dan olahraga. Hal ini dikarenakan buah pisang mengandung 3 jenis gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Selain itu, buah pisang memiliki kandungan gizi dan mineral yang tinggi dibanding buah lainnya. Mineral tersebut antara lain kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium.

Vitamin yang terkandung pada buah pisang juga cukup banyak, vitamin C dan vitamin B kompleks. Pro-vitamin A yang terkandung pada pisang yaitu betakaroten sangat tinggi, kurang lebih 3x dari yang terkandung pada buah apel. Buah pisang juga mengandung vitamin B6 yang berfungsi sebagai koenzim metabolisme, sintesis dan metabolisme protein, khususnya Serotonin yang diyakini berperan aktif dalam neurotransmitter kelancaran fungsi otak.

Nilai energi pada buah pisang juga terbilang tinggi, sekitar 136 Kalori / 100gram. Karbohidrat yang dikandung pisang tergolong lambat, namun energi yang dihasilkan merupakan energi instan yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan kalori sesaat. Oleh karena itu, tak sedikit atlet yang mengkonsumsi buah pisang di sela-sela jeda pertandingan.

Namun dibalik semua kandungan yang bermanfaat dalam buah pisang tersebut, ternyata mengkonsumsi buah pisang secara rutin juga memiliki dampak positif mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan, atau penyakit yang dapat dicegah dengan buah pisang.
Buah Pisang Mengatasi Resiko Tekanan Darah Tinggi
Buah tropis memiliki kandungan kalium yang tinggi tetapi rendah garam, sehingga sempurna untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi. Badan Obat dan Makanan US (FDA) mengizinkan produsen buah ini mengklaim pisang menurunkan risiko tekanan darah dan stroke.

Buah Pisang Berkhasiat Menambah dan Meningkatkan Konsentrasi
Buah pisang mengandung kalsium tinggi yang berfungsi meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Oleh karena itu, buah pisang untuk sarapan dan makan siang anak anda sangatlah dianjurkan.

Buah Pisang Mampu Mengatasi Depresi dan Menenangkan Saraf
Buah pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah menjadi serotonin dalam tubuh untuk memberi rasa relaks, memperbaiki mood dan membuat bahagia. Oleh karena itu, penderita depresi dapat merasa lebih baik setelah mengkonsumsi pisang.
Selain itu, kandungan vitamin B serta potasium dalam buah pisang membantu menenangkan fungsi saraf dan mengurangi stress.

Buah Pisang Mengurangi Resiko Stroke dan Jantung
Pisang memiliki efek antasid, sehingga bila merasa hati seperti terbakar, makan pisang akan meringankan rasa sakit. Makan pisang secara teratur dapat mengurangi risiko stroke sebesar 40 persen.

Buah Pisang Berkhasiat Bagi Penderita Maag dan Luka Usus
Pisang mencegah maag dan luka akibat gangguan pencernaan karena tekturnya yang lembut. Pisang satu-satunya makanan yang membantu mengatasi ulkus over-kronis dan menetralisir iritasi pada bagian dalam perut.

Buah Pisang Bermanfaat Mengurangi Morning Sickness
Hampir kebanyakan wanita yang tengah hamil mengalami morning sickness / mual – mual. Ini dapat diatasi dengan mengemil pisang secara rutin, dikarenakan pisang memiliki efek menjaga kadar gula dan mencegah rasa mual.

Selain manfaat yang telah disebutkan diata, buah pisang juga kaya akan serat. Ini menjadikan buah pisang sebagai obat alami bagi penderita sembelit. Cukup konsumsi buah pisang secara rutin, maka pencernaan anda akan lancar.

Baca Juga Tips Lainnya
Sumber : Berbagai sumber