• home
Home » , , » Tips Berbelanja Saat Pesta Diskon

Tips Berbelanja Saat Pesta Diskon

Pergi ke pusat perbelanjaan dan melihat label diskon tentu merupakan godaan tersendiri bagi penyuka belanja. Beragam barang yang ditawarkan dengan iming-iming harga murah, tentu sangat menarik minat anda. Apalagi jika anda memang tipe orang yang senang berbelanja dikala diskon besar, dengan harapan menekan budget agar lebih hemat.

Tapi berbelanja barang diskon dengan harapan lebih hemat, bisa saja berbalik menyerang anda jika anda tidak berhati-hati. Untuk itu, ada tips dan kiat agar berbelanja barang diskon tidak merusak keuangan dan niat berhemat anda.

Jangan Mudah Tergiur Harga "Murah"
Label diskon 50%, bahkan hingga 70% kadang membutakan mata anda. Tanpa pikir panjang, anda langsung membelinya karena berasumsi barang tersebut sudah pasti dibuat murah. Bagaimana tidak, dipotong hingga 70% dari harga aslinya.

Sejujurnya justru hal tersebut adalah salah. Meski barang sudah dilabeli diskon, ada baiknya anda membandingkan harga barang tersebut dengan tempat lainnya. Beberapa toko menaikkan harga jual mereka sebelum melakukan diskon besar-besaran. Pembeli yang tidak hati-hati akan langsung membeli tanpa pikir panjang, meski sebenarnya harga setelah diskon itu ternyata 'tidak berubah'.

Buatlah Daftar Belanja Anda
Berada di pusat perbelanjaan yang sedang melakukan diskon besar-besaran tentu bisa membuat anda 'gelap mata'. Semua barang yang menarik dan diiming-imingi harga murah, bisa saja anda masukkan kantung belanja tanpa pikir panjang lagi. Dan akhirnya, anda akan membayar belanjaan dengan jumlah besar, bahkan untuk barang yang tidak anda butuhkan.

Untuk itu, sebelum pergi ke pusat perbelanjaan, ada baiknya anda membuat daftar belanjaan. Buatlah daftar barang yang ingin anda beli, dan beberapa 'tambahan' barang yang masih mungkin berguna atau anda inginkan jika anda beli. Ini akan sedikit mengendalikan anda ketika berada di 'area diskon'.

Bawalah Uang Cash Saja
Untuk membantu anda mengendalikan hasrat belanja, bawalah hanya uang cash saja. Ini akan membantu anda mengendalikan jumlah belanjaan anda.

Jangan membawa kartu kredit untuk berbelanja di pusat diskon. Kartu kredit akan anda terus gunakan, karena anda belum melihat secara real jumlah belanjaan anda. Dan ketika tagihan datang kerumah, anda akan terkejut dengan nilai tagihannya.

Buat Diri Anda Senyaman Mungkin
Pusat perbelanjaan yang sedang melakukan diskon besar-besaran tentu akan sangat ramai. Biasanya toko seperti ini akan penuh sesak dengan calon pembeli yang juga memburu barang diskonan seperti anda. Jangan heran, jika kemudian anda kurang leluasa untuk memilih, bahkan terkadang harus berebut barang yang anda inginkan.

Untuk itu, buatlah diri anda pergi ke pusat perbelanjaan dengan senyaman mungkin. Gunakan pakaian yang simpel dan tidak terlalu 'ribet'. Hindari penggunaan high-heels, baju dan rok ketat, atau dress longgar. Gunakan pakaian casual seperti t-shirt dan celana jeans, selop pendek dan tas kecil. Ini akan membantu anda untuk lebih nyaman dan bebas bergerak.