• home
Home » , , » Manfaat Lidah Buaya / Aloevera Bagi Tubuh

Manfaat Lidah Buaya / Aloevera Bagi Tubuh

Aloevera, atau lebih dikenal sebagai lidah buaya adalah tanaman yang sudah dikenal lama bermanfaat bagi manusia. Tanaman lidah buaya dikenal memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi manusia dan juga sejumlah karbohidrat yang dapat menambah kalori pada manusia.

Tanaman lidah buaya telah digunakan sebagai tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan penyakit sejak jaman 1500SM. Beberapa penyakit ringan yang dapat disembuhkan atau dicegah dengan lidah buaya antara lain adalah kulit memar, wasir, rambut rontok dan radang tenggorokan. Bahkan tanaman yang juga ampuh menyuburkan rambut ini mampu mengobati diabetes melitus dan mencegah serangan jantung.

Dari sekitar 200an jenis tanaman lidah buaya, jenis yang paling baik untuk digunakan sebagai obat adalah Aloevera Barbadensis miller. Jenis ini mengandung 72 zat-zat yang diperlukan tubuh antara lain asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat, antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.
Tanaman lidah buaya juga mengandung zat pembentuk anti-oksidan alami seperti vitamin C, vitamin E dan zinc yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa Aloevera barbadensis miller mengandung anti-oksidan yang mampu mencegah serangan jantung dan penuaan dini.

Mengkonsumsi lidah buaya secara teratur akan mencegah hilangnya cairan dari permukaan kulit, sehingga kulit menjadi tidak cepat kering dan akan membuat anda terlihat awet muda. Selain itu, lendir pada lidah buaya yang bersifat pahit mengandung zat laktasit yang merupakan pencahar alami, sehingga memudahkan buang air besar dan mengurangi sembelit.


Menurut ahli kesehatan, belum diketemukan ada yang menderita alergi akan lidah buaya. Kalaupun ada, itu hanyalah sebatas orang yang belum pernah mengkonsumsi lidah buaya, dan masih 'kaget' akan rasa yang dihasilkan. 
Ilustrasi Gambar : google images