• home
Home » , » Cegah Flu Dengan Konsumsi Buah

Cegah Flu Dengan Konsumsi Buah

Musim pancaroba sepertinya sedang mengunjungi Indonesia. Meski sudah seharusnya musim panas, tapi hujan kadang masih datang secara tiba-tiba di beberapa daerah. Musim yang tidak menentu ini mengakibatkan kita menjadi rentan terhadap serangan penyakit, terutama penyakit flu.

Meski terdengar penyakit yang 'biasa saja', flu buat saya sangatlah mengganggu aktivitas, dan mungkin begitu pula dengan anda. Sakit kepala di awal dimulai serangan flu membuat saya malas untuk beraktivitas, terlebih ketika mulai keluarnya (maaf) ingus dari hidung.
Menurut teman saya yang bekerja di bidang kesehatan, flu adalah serangan dari virus. Obat flu yang banyak beredar tidaklah membunuh virus tersebut, melainkan hanya mempercepat proses sirkulasi virus flu tersebut. Jadi waktu untuk kita terkena serangan flu menjadi lebih singkat.

Dikarenakan flu adalah serangan virus, maka daya tahan tubuh sangatlah berpengaruh untuk mencegah dan menyembuhkan sakit flu. Salah satu cara ampuh untuk mencegah serangan flu pada tubuh kita adalah dengan mengkonsumsi buah. Ada beberapa buah yang menurut ilmu kedokteran sangat efisien untuk menjaga tubuh dari serangan virus flu.

Berikut adalah buah yang dapat mencegah kita terkena flu, serta membantu mempercepat menyembuhkan sakit flu.

Apel
Apel sepertinya menjadi pilihan pertama untuk menjaga kondisi tubuh. Buah apel merupakan sumber antioksidan yang sangat populer. Antioksidan dalam satu buah apel, sama dengan 1500mg vitamin C. Buah apel juga mengandung flavanoid protective yang sangat bermanfaat agar terhidar dari serangan jantung dan mencegah kanker.


 Pisang
Buah pisang mengandung vitamin B6 dengan kadar yang tinggi. Selain itu, pisang juga mengandung mengandung magnesium untuk memperkuat tulang, dan potasium yang dapat mencegah serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi pisang secara teratur akan mengurangi kemungkinan depresi, stress, insomnia serta mengurangi rasa lelah.

Pepaya
Buah pepaya (atau kates) mengandung beta-caroten, vitamin C dan vitamin E. Mengkonsumsi buah pepaya akan menguatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan demam, dan dapat mengurangi kemungkinan timbulnya asma.

Jeruk Bali
Jeruk bali sarat akan vitamin C dan senyawa Limonoids yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Lycopen pada jeruk bali merah sangat bermanfaat untuk melawan kanker.

Sumber : berbagai sumber ^^