• home
Home » , , , , » Cara Alami Atasi Keringat Ketiak Berlebih

Cara Alami Atasi Keringat Ketiak Berlebih

Keringat pada tubuh merupakan ciri alami bahwa anda memiliki tubuh yang sehat. Ini dikarenakan tubuh memiliki sistem otomatis yang mengatur suhu dalam tubuh anda, dan keringat merupakan 'hasil' dari sistem tubuh tersebut. Namun ketika keringat yang keluar mulai berlebih, khususnya pada ketiak, tentu menyebabkan rasa tidak nyaman pada diri anda. Apalagi jika ternyata keringat yang berlebih tersebut menyebabkan bau badan yang kurang sedap, tentu sangat mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri anda.

Ada beberapa cara untuk mengurangi keringat berlebih, khususnya pada ketiak. Dari beberapa cara yang umum digunakan, ada juga cara menggunakan antiperspiran alami. Simak beberapa cara alami atasi keringat ketiak berlebih berikut :

Menggunakan Cuka Sari Apel
Penggunaan cuka sari apel untuk mengatasi keringat berlebih dan bau badan pernah dibahas dalam buku 1.801 Home Remedies terbitan Reader's Diges. Cara penggunaannya sangat sederhana, cukup gosok cuka sari apel pada ketiak setiap anda akan tidur. Ketika tidur, kulit akan menyerap cairan lebih maksimal.

Cuka sari apel pada kulit memiliki sifat mengeringkan. Hal ini akan menekan bakteri penyebab bau keringat. Jangan lupa mengoleskan deodoran untuk membantu memaksimalkan hasil agar keringat anda tidak berlebihan dan berbau. Untuk anda yang memiliki kulit sensitif, jika kulit anda menjadi kering ada baiknya mengehentikan terapi ini.

Menggunakan Teh Hijau
Meminum teh hijau dipagi hari juga ternyata dapat membantu mengurangi aktivitas kelenjar keringat pada tubuh. Selain itu, anda juga dapat menambahkan beberapa helai (sedikit) teh hijau pada air mandi yang anda gunakan. Meski tidak memberikan efek secara signifikan, penggunaan teh hijau ternyata cukup memberi rangsangan agar kelenjar keringat pada tubuh tidak menghasilkan keringat secara berlebih.

Kendalikan Makanan Yang Anda Konsumsi
Makanan yang masuk ke dalam tubuh anda juga mempengaruhi keringat pada tubuh anda. Usahakan untuk melakukan diet ringan dengan rajin konsumsi buah segar dan air putih. Sebisa mungkin hindari makanan sarat bumbu seperti bawang putih dan rempah berlebih. Beberapa studi juga menyatakan, orang dengan berat berlebih dan makanan tak terkendali menghasilkan lebih banyak keringat dibanding orang yang konsumsi makanan secara terjaga.

Setelah anda melakukan cara alami yang ada diatas, anda juga dapat menggunakan deodorant antiperspiran yang cocok dan terbukti ampuh menahan keringat berlebih. Jika anda sudah menggunakan deodorant namun masih belum ampuh, bisa jadi anda tidak cocok dengan deodorant yang anda gunakan. Carilah info jenis deodorant yang baik, dan terbukti ampuh mengatasi keringat berlebih pada banyak orang.

sumber : berbagai sumber