• home
Home » , , , » Bahaya Micro Sleep Saat Berkendara Dan Tips Mengatasinya

Bahaya Micro Sleep Saat Berkendara Dan Tips Mengatasinya

Micro sleep, atau tidur mikro menurut teori adalah suatu keadaan dimana anda terlelap (ketiduran) untuk waktu sepersekian detik, tanpa disadari. Memang, analogi tidur tuh ya gak sadar. Hanya saja micro sleep ini biasa terjadi di tempat yang 'tidak diinginkan'. Biasanya, disebut micro sleep jika tidur yang tidak sengaja ini terjadi sampai 30 detik. Jika lebih dari itu, namanya udah tidur beneran, dan biasanya di tempat yang diinginkan.

Micro sleep saat berkendara, sudah banyak terjadi dan tentu saja banyak menimbulkan korban jiwa. Biasanya, micro sleep saat berkendara dimulai ketika kesadaran pengendara mulai menghilang namun orang yang mengalaminya merasa masih sadar dan sanggup berkendara, dan ketika benar-benar dalam keadaan sadar, ternyata kendaraannya 'sudah siap' untuk mengalami kecelakaan.

Micro sleep biasanya disebabkan oleh kelelahan fisik dan mental yang amat sangat, kurang tidur, depresi gak punya uang, stress gak punya pacar atau hipersomnia. Micro sleep bisa datang kapan saja, oleh karena itu para pengendara harus waspada mengenai keadaan ini.

Beberapa gejala akan terjadinya micro sleep yang umum terjadi adalah :
  • Sering melakukan kesalahan. Ketika mengemudi, kecepatan sering tidak teratur, salah mengambil jalur, dll.
  • Kepala sering mengangguk/terkulai
  • Kelopak mata berat, sebentar-sebentar menutup salah satu atau kedua mata
  • Sakit kepala
  • Menguap
  • Perasaan lelah

Jika anda mengalami hal-hal diatas, maka anda harus meningkatkan kewaspadaan anda saat berkendara. Atau sangat dianjurkan dan lebih baik lagi, jika anda berhenti sejenak untuk beristirahat.

Ada beberapa tips untuk menghindari kecelakaan yang disebabkan micro sleep. Mungkin akan berguna bagi anda yang suka berkendara dalam waktu lama.
  • Ambillah waktu untuk istirahat setelah berkendara selama 3 atau 4 jam. Mungkin daya tahan orang berbeda-beda, ada yang sanggup hingga 6-7 jam. Oleh karena itu, 3 atau 4 jam itu untuk paling minim.
  • Jika berkendara jauh, usahakan jangan sendirian. Akan lebih bermanfaat jika teman perjalanan anda enak diajak ngobrol, dan dapat memperhatikan keadaan anda. Jadi bisa sebagai 'alarm' jika anda mulai terlihat kelelahan.
  • Gunakan telepon genggam anda. Bukan untuk mengganjal mata anda yah! Telpon orang kesayangan anda, ngobrol sambil berkendara tidak akan masalah. Tapi jangan lupa, gunakan handsfree. Jangan pernah berkendara sambil main handphone!!
  • Jangan biarkan pikiran kosong saat berkendara. Putarlah musik, dan bernyanyilah jika anda berkendara sendirian. Mungkin sedikit berteriak tidak akan masalah. Oh iya, jangan lupa pastikan semua jendela tertutup rapat ya jika anda ingin teriak2. *pengalaman jejeritan dilampu merah dan anjal + polisi pada bengong.
  • Jika anda berjiwa muda dan sedikit gila, berkhayal lah saat berkendara. Bayangkan anda sedang ikut race, goyangkan tubuh anda ke kiri dan kanan saat menikung. Tapi ingat, jangan ngebut. Hanya bayangkan saja!

Yak, sekian saja dulu. Jika nanti ada tips tambahan, akan di tambahkan. Hati-hati saat berkendara. Jika ada gejalan akan terjadinya micro sleep, berhenti di tempat istirahat atau cari penginapan, dan lakukan macro-sleep.