• home
Home » , , , , , » Trend Belanja Online Mulai Menjamur

Trend Belanja Online Mulai Menjamur

PermenKopi - Jual beli sepertinya selalu menjadi kegiatan yang tak akan pernah habis. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan, dan orang lain akan menyediakan kebutuhan itu. Namun, jual beli saat ini sudah semakin berkembang. Tidak hanya jual beli konvensional dimana penjual dan pembeli bertemu di suatu tempat, tapi kini jual beli juga sudah dilakukan secara online.

Jual beli online memang sudah lama ada. Sebut saja FJB Kaskus yang sudah sangat banyak penggunanya. Namun belakangan ini, jual beli online seperti semakin menjamur. Ini terbukti dengan menjamurnya online shop di situs jejaring sosial, atau munculnya web online shop baru.

Bahkan, tak sedikit pula situs jual beli online di Indonesia yang mulai gencar melakukan promosi untuk menjaring pembeli. Promosi yang dilakukan baik melalui iklan internet, media cetak atau iklan televisi. Ini membuktikan bahwa jual beli secara online masih memiliki pangsa pasar yang luas.

Jual beli online memang menjanjikan banyak hal yang menguntungkan penjual dan pembeli. Si penjual tidak perlu menyewa toko dan menjaganya sepanjang hari, sedangkan si pembeli dapat membeli barang yang diinginkan tanpa harus jauh-jauh pergi ke lokasi, atau bahkan berdesak-desakkan. Bahkan, pada umumnya barang yang ada di situs jual beli online biasa dijual lebih murah dari toko konvensional.

Namun berbeda dengan jual beli konvensional, jual beli online juga memiliki kekurangan dan resiko yang tidak bisa di acuhkan. Sebut saja kita tidak bisa melihat langsung kualitas barang. Bisa saja barang yang dikirimkan ke kita nantinya berbeda dari apa yang ditawarkan si penjual. Atau bahkan ketika pembeli selesai mentransfer uang untuk membeli suatu barang, namun kemudian penjual menghilang entah kemana.

Oleh karena itu, baik anda penjual atau pembeli, berusahalah untuk berhati-hati jika melakukan transaksi secara online.