• home
Home » , » Makanan Sehat Pencegah Kanker Payudara

Makanan Sehat Pencegah Kanker Payudara

Gaya hidup modern ternyata dapat memicu kanker payudara pada wanita. Hal ini didasarkan survey bahwa 1 dari 10 wanita rentan terkena kanker payudara tersebut. Padahal merawat kesehatan payudara adalah hal yang tidak terlalu sulit. Anda hanya harus membiasakan pola hidup sehat, dan mengkonsumsi makanan serta minuman yang sehat. Malah, menurut eatingwell, ada beberapa makanan yang dapat membantu anda menghindari kanker payudara.

Minyak Ikan, Khususnya Ikan Salmon
Minyak ikan mengandung Lemak Omega-3 yang dipercaya memiliki khasiat mengurangi peradangan penyebab kanker payudara. Rutin menkonsumsi minyak ikan, akan memperkecil resiko serangan kanker payudara paling umum, Karsinoma Duktal. Selain minyak ikan, anda dapat pula mengkonsumsi minimal 8 ons ikan per minggu, khususnya ikan salmo, sarden dan tuna.

Sayur Brokoli Mentah
Brokoli mengandung Sulforafana yang berkhasiat mengurangi sel induk kanker payudara. Hal ini sudah teruji pada uji coba yang dilakukan oleh Universitas Michigan, dengan menjadikan tikus sebagai objeknya. Namun peneliti menyarankan agar brokoli tersebut dikonsumsi mentah, karena panas dalam proses memasak / merebus, akan merusak kandunan Sulforafana pada brokoli.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung antioksidan dan asam oleat yang memiliki khasiat memperkecil resiko sel kanker ganas.

Mengkonsumsi / Minum Kopi
Dalam jurnal yang diterbitkan Breast Cancer Research, disebutkan bahwa wanita yang gemar mengkonsumsi kopi secara rutin, lebih rendah resiko terkena kanker payudara. Tingginya asupan minuman berkafein tinggi ini, ternyata berpengaruh dengan penurunan resiko terkena kanker payudara.


Daun Peterseli
Daun peterseli memiliki khasiat menghambat pertumbuhan sel kanker. Para ilmuwan dari Universitas Missouri menyebutkan bahwa peterseli mengandung senyawa apigenin pada peterseli memberikan pertahanan pada tubuh untuk melawan sel kanker dan tumor. Beri taburan peterseli cincang diatas makanan anda sehari – hari adalah awal yang baik.

Info Bermanfaat Lainnya