• home
Home » , » Tips Agar Lapar Tidak Cepat Datang Saat Berpuasa

Tips Agar Lapar Tidak Cepat Datang Saat Berpuasa

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat muslim. Menahan haus dan lapar dari mulai terbitnya matahari (subuh) hingga waktunya berbuka puasa (maghrib) adalah hal yang tidak bisa dibilang mudah. Rasa lapar sudah pasti datang sebelum waktu berbuka tiba. Tak jarang, rasa lapar menyerang lebih awal jauh sebelum waktu berbuka tiba. Bahkan terkadang pada pagi hari, kita sudah merasakan lapar.

Menyambung tulisan sebelumnya yaitu tips tetap bugar saat berpuasa, kali ini Permenkopi mencoba memberikan tips berpuasa lainnya. Tips kali ini adalah tips agar rasa lapar tidak terlalu cepat datang saat berpuasa. Semoga dengan tips ini, pengunjung blog Permenkopi dapat lebih kuat dan bugar menjalani puasa.


Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Makanan Dengan Kadar Protein Tinggi
Sayuran sebagai sumber serat memiliki kemampuan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, mengkonsumsi makanan berserat tinggi akan mengurangi nafsu makan pada tubuh kita. Oleh karena itu, para ahli menganjurkan untuk menambah porsi konsumsi sayuran pada saat berpuasa.

Selain itu, makanan dengan kadar protein tinggi juga sangat dianjurkan untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama saat berpuasa. Oleh karena itu, cobalah konsumsi makanan seperti ikan, telur atau ayam saat sahur. Ini akan membuat rasa lapar datang lebih lama.

Nikmati Makanan Anda Dengan Perlahan
Cobalah makan dengan lebih menikmati makanan anda. Kunyah makanan anda secara perlahan dan tidak terburu-buru. Kunyah makanan anda hingga lembut. Ini akan membuat anda merasakan makanan anda lebih lama, dan menimbulkan kesan telah makan lebih banyak. Selain itu, dengan menikmati makanan anda, anda akan merasa lebih 'puas' makan dan mengurangi rasa ingin makan kembali ketika siang tiba.

Cobalah Hindari Makanan Dengan Kadar Energi/Kalori Tinggi
Sebuah penelitian menjelaskan bahwa makanan dengan tingkat energi/kalori tinggi akan membuat anda merasakan lapar lebih cepat. Oleh karena itu, cobalah hindari makanan dengan kepadatan energi tinggi (tinggi kalori) seperti es krim. Konsumsilah makanan dengan kalori rendah, ini akan membuat anda merasakan kenyang lebih lama.

Itulah beberapa tips agar anda merasakan kenyang lebih lama, dan tidak cepat merasa lapar saat berpuasa. Selain itu, jangan lupa penuhi kebutuhan air dalam tubuh anda. Minum cukup air putih akan membantu tubuh anda agar lebih segar.


Baca Juga Info Dari IDBlogNetwork