• home
Home » , » Tips Tetap Fit dan Bersemangat Saat Berpuasa

Tips Tetap Fit dan Bersemangat Saat Berpuasa

Ilustrasi : Klinik Foto Kompas.Com
Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan khususnya bagi umat Islam di seluruh dunia. Di bulan penuh berkah tersebut, umat Islam akan melaksanakan puasa selama sebulan penuh, menahan haus dan lapar, serta mengendalikan hawa nafsu.

Sayangnya, bulan puasa juga terkadang menjadi alasan bagi beberapa orang untuk menjadi malas-malasan dan mengurangi kegiatan mereka. Tidak makan dan minum, menjadi alasan yang membuat badan menjadi lemas sehingga kurang bersemangat untuk beraktivitas. Padahal hakikat puasa adalah untuk menyehatkan jasmani dan rohani, serta meningkatkan ibadah bagi penganut agama Islam.

Untuk mengatasi hal itu, berikut beberapa tips agar tetap fit dan bersemangat saat menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan.

Biasakan Berpuasa Sebelum Bulan Ramadhan
Berlatih puasa sebelum memasuki Bulan Ramadhan adalah langkah awal yang baik untuk memulai membiasakan diri berpuasa. Jika anda terbiasa untuk berpuasa, maka perut akan terbiasa untuk menyesuaikan diri dengan pola makan saat sedang berpuasa. Lakukanlah latihan berpuasa secara bertahap, agar tubuh dan perut anda siap menghadapi puasa Ramadhan selama sebulan penuh.

Makan Sahur dan Berbuka dengan Pola Sehat dan Seimbang
Agar tetap fit saat siang hari, konsumsilah makanan sehat dengan gizi yang seimbang saat sahur dan berbuka. Penuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Selain itu, serat yang terkandung dalam sayuran dan buahan sangatlah dibutuhkan untuk memperlancar pencernaan dalam tubuh anda.

Awali Berbuka Puasa Dengan Makanan Manis
Tubuh yang terasa lemas saat berpuasa biasanya dikarenakan turunnya gula darah dalam tubuh. Untuk mengatasinya, awali berbuka puasa dengan mengkonsumsi makanan/minuman yang manis. Anda bias mengawali menu buka puasa anda dengan mengkonsumsi teh manis, kolak, atau buah kurma. Makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang mudah diserap serta cepat menaikkan kadar gula darah yang turun dalam tubuh setelah sehari penuh berpuasa.

Hindari Makanan yang Mengandung Gula Saat Makan Sahur
Tidak melewatkan makan sahur adalah salah satu cara terbaik agar tubuh tidak terasa lemas saat berpuasa di siang harinya. Berbeda dengan tips berbuka dengan yang manis, menu sahur dianjurkan untuk yang tidak terlalu mengandung gula. Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Hal ini akan mengakibatkan rasa lapar cepat timbul dan badanpun menjadi cepat lemas dan lesu. Perbanyaklah makanan yang mengandung protein tinggi, karena protein akan diolah lebih lambat dibanding jenis makanan lain.

Jaga Kebugaran Saat Berpuasa Dengan Olahraga
Salah satu penyabab tubuh kurang fit dan bugar saat berpuasa adalah kurangnya tubuh bergerak dan berolahraga. Oleh karena itu, meski sedang berpuasa, tubuh harus tetap diajak bergerak dan berolahraga ringan.

Namun berolahraga setelah sahur yang banyak dilakukan orang adalah sebuah kesalahan umum. Berolahraga setelah makan sahur akan membuat tubuh kehabisan tenaga dan energi, sehingga tubuh menjadi lemas saat siang hari. Waktu yang paling baik untuk berolahraga saat berpuasa adalah 1 hingga 2 jam sebelum waktunya berbuka puasa.


Puasa adalah memindahkan kebiasaan makan, dari sarapan-makan siang-makan malam, menjadi berbuka dan sahur. Diantara dua waktu makan tersebut, kita juga sebisa mungkin harus menyelipkan waktu untuk mengkonsumsi cemilan sehat seperti roti atau buah. Porsi makan sebisa mungkin diatur hingga 50% saat berbuka, 10% cemilan setelah tarawih dan 40% saat makan sahur.

Mengkonsumsi makanan berlebihan hingga terlalu kenyang juga tidak dianjurkan. Hal ini akan memaksa perut untuk mencerna makanan yang terlampau berat, sehingga membuat badan menjadi lemas dan malas bergerak. Jangan lupa pula sediakan ‘space’ untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Karena selama berpuasa, tubuh pasti akan kekurangan cairan.

Sumber : Berbagai Sumber