Thursday, June 23, 2011

Manfaat Khasiat Daun dan Buah Sirsak Serta Ramuan Tradisional Sirsak

Buah sirsak, atau juga disebut di beberapa daerah dengan nama 'nangka belanda' adalah buah yang berasal dari kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dinamakan sirsak dan nangka belanda, karena dalam bahasa Belanda, buah ini disebut Zuurzak, yang berati kantung asam.

Dibalik penampilannya yang berduri, dan rasanya yang asam, buah sirsak mengandung banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Sebut saja karbohidrat, gula pereduksi (glukosa dan fraktosa), asam organik nonvolatil (didominasi asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat), fosfor dan kalium. Buah sirsak juga memiliki kandungan serat untuk membantu sistem pencernaan.

Selain itu, buah sirsak memiliki kandungan vitamin C tinggi yang merupakan anti-oksidan alami bagi tubuh. Hal ini manjadikan sirsak bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh serta menjadi 'resep awet muda' (anti aging).

Selain buahnya, ternyata pohon sirsak sudah digunakan oleh Suku Indian sebagai bahan obat ramuan tradisional mereka. Mulai dari kulit pohon, daun sirsak hinggau buahnya memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Bahkan menurut penelitian yang baru saja mencuat, buah dan daun sirsak mampu memerangi sel kanker dalam tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian yang tersebar luas di internet, buah dan daun sirsak memiliki khasiat antara lain :
  • Menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa menimbulkan rasa mual, berat badan turun hingga rambut rontok seperti yg terjadi pada terapi kemo.
  • Buah sirsak memiliki khasiat melindungi sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yg mematikan.
  • Energi meningkat dan penampilan fisik membaik.
  • Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yg berbeda di antara kanker usus besar payudara prostat paru-paru dan pankreas.
  • Daya kerja 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dgn adriamycin dan terapi kemo yg biasa digunakan.
  • Tidak seperti terapi kemo sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan tak membahayakan atau membunuh sel-sel sehat.

Buah sirsak dapat dikonsumsi langsung atau dinikmati sebagai jus. Hal ini akan memberikan manfaat alami buah sirsak, sekaligus sebagai suplai vitamin C dan serat bagi tubuh. Selain bisa dikonsumsi sebagai buah atau di jus, ada beberapa ramuan buah dan daun sirsak yang dapat digunakan sebagai resep obat tradisional. Ramuan ini antara lain :

Ramuan Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kanker.
10 lembar daun sirsak yg tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali per hari selama 2 minggu.

Daun sirsak ini diklaim memiliki khasiat lebih baik dari kemoterapi. Ini dikarenakan terapi daun sirsak ini akan memerangi sel abnormal, dan tidak menyerang sel normal, sehingga tidak menimbulkan mual atau rambut rontok seperti pasien kemoterapi pada umumnya.

Daun Sirsak Untuk Mengobati Sakit Pinggang.
20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.

Buah Sirsak Bermanfaat Mengobati Bayi Mencret.
Ambil buah sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

Buah sirsak Berkhasiat Mengobati Ambeien
Daging buah sirsak yang sudah masak diperas untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas. Diminum 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Buah Sirsak Membantu Mengobati Anyang-anyangan.
Sirsak setengah masak dikupas dan direbus dengan gula bersama dengan air sebanyak 2 gelas. Setelah itu, airnya disaring dan kemudian diminum.

sumber : berbagai sumber

Baca Juga Tips Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...