• home
Home » » Cara Alami Memanfaatkan Madu Untuk Kecantikan

Cara Alami Memanfaatkan Madu Untuk Kecantikan

Madu memang dikenal sebagai hasil produksi lebah yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, penggunaan madu lebih ke konsumsi madu saja. Ada yang menjadikan madu sebagai 'selai' roti, ada pula yang mencampur dengan teh. Dengan rasanya yang manis dan segar, madu memang memiliki kenikmatan sendiri. Bahkan madu adalah teman yang cocok untuk cemilan singkong rebus.

Namun tahukan kamu, madu sudah bertahun-tahun menjadi bahan dasar dari beberapa produk kecantikan. Untuk yang senang hal yang praktis, produk kosmetik berbahan dasar madu memang mudah didapat. Meski sedikit lebih repot, penggunaan madu secara langsung akan memberikan hasil yang lebih memuaskan.

Berikut beberapa cara tradisional memanfaatkan madu untuk kecantikan

Madu Dapat Digunakan Sebagai Masker
Penggunaan madu sebagai masker bukanlah hal aneh lagi. Caranya pun sangatlah mudah. Cukup oleskan madu murni pada wajah anda dan biarkan hingga madu mengering, atau kurang lebih selama 15 menit. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

Penggunaan Madu Untuk Kulit Lembut dan Berkilau
Sebelum anda mandi, oleskan madu ke seluruh kulit tubuh anda, kemudian tepuk-tepuk kulit yang terlapisi madu tersebut hingga lengket dan mengering. Setelah itu, barulah anda basuh dan mandi seperti biasa.

Madu Dapat Dicampur Dengan Air Mandi Anda
Mandi menggunakan air yang dicampur madu akan memberikan suasana harum dan aroma manis pada kulit. Caranya cukup campurkan sedikit saja madu ke air mandi anda. Mungkin sekitar 1/2 cangkir madu saja.

Madu Dapat Dimanfaatkan Sebagai Scrub
Campurkan 1 sendok teh madu dengan seikit tepung almond ke telapak tangan Anda. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk mengangkat madu.

Penggunaan Madu Sebagai 'Susu Pembersih'
Madu juga dapat digunakan susu pembersih menggantikan pembersih wajah yang biasa anda gunakan. Campur 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk, dan oleskan ke wajah anda. Ini akan mengangkat kotoran dan sisa make-up pada wajah. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat.

Madu Berkhasiat Membuat Rambut Berkilau
Cukup campurkan 1 sendok makan madu, perasan jeruk nipis dan sedikit air hangat. Penggunaannya adalah, bilas rambut anda menggunakan shampoo, lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.

Madu Dapat Dijadikan Sebagai Conditioner Rambut
Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok malan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan tertutup selama 30 menit. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut Anda seperti biasa.

Madu Dapat Dimanfaatkan Menjadi Toner Kulit
Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

Catatan : tidak direkomendasikan untuk anda yang alergi terhadap madu ^^


Sumber - berbagai sumber