• home
Home » » Manfaat Ikan Salmon dan Tips Memilih Daging Ikan Salmon

Manfaat Ikan Salmon dan Tips Memilih Daging Ikan Salmon

manfaat khasiat ikan salmon
Ikan salmon memang merupakan salah satu ikan yang paling dikenal dikarenakan manfaat yang dikandungnya. Tak heran jika ikan yang satu ini memiliki harga yang terbilang tinggi, dan juga cukup sulit dicari di pasaran. Selain memang keberadaannya yang cukup langka di Indonesia, ikan salmon memang menjadi salah satu buruan banyak orang termasuk restoran berkelas.

Salah satu manfaat dan khasiat ikan salmon yang paling terkenal adalah kandungan omega-3 pada dagingnya yang begitu tinggi. Berdasarkan penelitian, omega-3 ini bermanfaat untuk mencegah hipertensi dan penyakit jantung. Selain itu, untuk ibu hamil, mengkonsumsi ikan salmon secara rutin pada dosis tertentu terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otak bayi.

Selain hal diatas, ada banyak lagi manfaat dari daging ikan salmon. Antara lain sebagai berikut ini :

Menjaga Kesehatan Mata
Lemak Omega-3 yang dikandung ikan salmon ternyata sangat membantu megatasi masalah mata kering. Sehingga hal ini akan membantu menjaga pandangan mata, terutama ketika memasuki usia tua.

Mengurangi Resiko Diabetes
Ikan salmon terbukti mengandung asam lemak omega-3, dan juga vitamin D serta selenium. Ketiga zat ini lah yang bekerja untuk mndukung kerja insulin mengatur kadar glukosa dalam darah. Dengan cara tersebut, maka ikan salmon berkhasiat mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Meningkatkan Kemampuan Fungsi Otak dan Memori
Asam amino serta vitamin yang terkandung dalam daging ikan salmon dapat merangsang aktivitas otak lebih baik, dan membantu meningkatkan kinerja fungsi memori lebih optimal. Selain itu, beberapa peneliti juga menyebutkan bahwa Asam lemak Omega-3 pada ikan salmon berperan untuk mencegah penyakit Alzheimer, dan mencegah stroke dengan mengendalikan kolesterol pada darah.

Melindungi Kulit dan Tubuh dari Radikal Bebas
Mengkonsumsi salmon secara rutin, berarti memberi asupan nutrisi lemak omega-3 pada kulit anda. Dengan demikian, maka kulit akan senantiasa sehat, dan terlihat awet muda. Selain itu, selenium pada daging salmon akan menjadi mineral yang menjaga sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Masih ada banyak lagi manfaat dari daging ikan salmon. Namun untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal, selain mengkonsumsi secara rutin, kita juga harus dapat memilih daging ikan salmon yang masih segar dan masih baik.


Tips Memilih Daging Ikan Salmon

Tidak Memiliki Aroma Yang Amis
Meski tergolong ikan laut, namun salmon tidak memiliki bau amis. Daging ikan salmon yang segar berwarna oranye cerah, dan beraroma khas ikan segar atau aroma laut.

Memiliki Mata Yang Jernih Dan Bersinar
Sebenarnya, kebanyakan daging ikan salmon dijual dalam bentuk potongan. Namun jika anda membeli ikan salmon utuh, perhatikan bentuk mata ikan tersebut. Ikan salmon yang masih segar, akan memiliki mata yang bening, jernih dan terlihat bersinar.

Daging Ikan Tidak Berlendir
Daging ikan salmon fillet yang baik tidak memiliki lendir pada permukaan dagingnya. Dan jika ikan yang akan anda beli dalam kondisi utuh, cobalah untuk memeriksa insang ikan salmon tersebut. Ikan salmon segar, insangnya akan berwana kemerahan.

Periksa Kualitas Daging Salmon
Daging ikan salmon dalam kualitas baik memiliki permukaan yang padat namun lembut dan tidak lembek. Apabila ditekan agak kuat, maka akan terasa kepadatannya, dan ikan akan kembali ke bentuk semula.