• home
Home » » Tips dan Kiat Sukses Berjualan Online

Tips dan Kiat Sukses Berjualan Online

Berbelanja di toko konvensional sepertinya tidak lagi menjadi satu-satunya pilihan jika kita ingin membeli sesuatu. Toko Online atau Online Shop saat ini sedang menjamur dimana-mana. Tengok saja di berbagai forum, website toko online hingga jejaring sosial tak luput dari banyaknya orang yang berusaha mencari rezeki dengan menjual barang dagangan secara online.

Berjualan secara online memang memiliki peluang yang tak terbatas. Pangsa pasar yang terjaring tentu saja sangat luas, mengingat pemakai internet tersebar di seluruh daerah. Selain itu, berjualan secara online tidaklah membutuhkan space atau tempat khusus. Anda tidak perlu menyewa atau bahkan membangun toko atau ruko khusus untuk memajang barang dagangan anda.

Berjualan secara online juga tidak membutuhkan modal yang besar. Meski memiliki modal berarti anda memiliki ‘langkah awal’ yang lebih baik, namun dengan modal yang kecil bukan berarti anda tidak dapat sukses. Anda dapat melakukan kerjasama dengan memasarkan secara online barang dari toko atau pengusaha kecil di sekitar lingkungan anda. Tentu saja, selisih dari harga yang partner anda berikan dengan harga jual anda adalah merupakan keuntungan anda. Modal anda? Cukup koneksi internet, dan promosi!

Sebagai contoh online shop atau ‘pasar online’ yang dapat anda jadikan referensi, tengok saja FJB Kaskus yang memiliki transaksi jutaan rupiah setiap jamnya, atau banyaknya toko online di jejaring Facebook. Selain itu, anda dapat melihat bagaimana blibli.com sukses menjadi toko online besar dan menjaring banyak konsumen.


Ada beberapa hal yang dapat anda jadikan referensi jika anda berminat berjualan secara online.
Pertama : Buat Perencanaan Yang Matang
Tips pertama ini sangat penting, baik untuk bisnis online atau konvensional. Anda harus merinci toko apa yang ingin anda buat, apakah pakaian, alat kosmetik atau otomotif misalnya. Kemudian perhitungkan modal yang anda miliki, rekan kerja anda, margin harga dan sistem kerjasama. Lalu anda harus memutuskan apakah ingin memasarkan melalui forum komunitas, jejaring sosial, atau membuat website toko online sendiri.
Rencana tanpa tindak lanjut adalah hal yang percuma. Setelah melakukan perencanaan yang matang, laksanakan dengan disiplin. Cobalah terus berada di jalur yang anda tentukan dalam perencanaan tersebut.

Kedua : Tetap Fokus dan Sabar Dengan Yang Anda Lakukan
Bisnis online membutuhkan kesabaran ekstra. Anda tidak usah terburu-buru merasa ingin cepat kaya atau ingin untung besar. Lakukan secara bertahap, sebagaimana yang telah anda rancang sebelumnya. Bisnis online bukanlah bisnis yang dapat dilakukan dalam semalam, dan kemudian sukses menjadi pebisnis. Anda harus melakukan bertahap dan penuh kesabaran. Percayalah bahwa kesabaran ini akan membuahkan hasil nantinya.

Ketiga : Jadilah Penjual yang Jujur
Bisnis online adalah bisnis yang didasarkah oleh kepercayaan yang amat besar. Anda tidak bertemu dengan calon pembeli, dan begitu juga calon pembeli hanya melihat barang melalui foto di toko online anda. Oleh karena itu kejujuran adalah factor utama kesuksesan anda. Jelaskan secara rincin kelebihan dan kekurangan barang dagangan anda, jaga kepercayaan konsumen anda.
Kejujuran akan membantu membesarkan bisnis online anda. Jika anda memberikan kepuasan kepada konsumen anda, maka si konsumen tidak akan segan merekomendasikan toko anda kepada teman mereka. Ini tentunya baik bagi bisnis anda kedepannya. Namun jika anda tidak jujur, maka bisnis anda tidak akan bertahan lama.

Keempat : Promosikan Barang Dagangan Anda
Bisnis tanpa promosi hanya akan membuat usaha anda ‘mandek’ di tempat. Bayangkan, anda tidak memasang iklan dimanapun, tidak membertahukan keberadaan toko anda kepada siapapun dan hanya membuat toko online saja. Jika demikian, siapa yang akan berkunjung?
Cobalah promosikan melalui berbagai jejaring sosial dan media. Sekarang ini, banyak media iklan yang gratis. Sebagai contoh, anda dapat memasang iklan anda di berniaga.com. Disini anda dapat menjual barang dagangan anda tanpa batas, dan tentu saja GRATIS.


Dengan begitu banyaknya peluang dan luasnya pangsa pasar, maka tak ada salahnya anda mempertimbangkan untuk memiliki toko online anda sendiri. Saya sudah mencoba dengan membuka LensaGaul OnlineShop. Sejauh ini, meski tidak bisa dibilang besar, tapi keuntungan yang saya dapat cukup membantu untuk bayar-bayar kartu kredit ^^

Baca Juga Tips Lainnya
Sumber : Berbagai sumber