Tuesday, September 27, 2011

Menjaga Wibawa Untuk Kemajuan Karir Anda

Menjadi pegawai atau seorang profesional tentulah berkaitan dengan ‘mengejar’ karir. Untuk dapat mencapai posisi dan jabatan yang diinginkan, anda tak cukup hanya dengan rajin dan menjadi pekerja keras. Ada banyak hal yang dapat anda pertimbangkan untuk lakukan sebagai ‘add-on’ agar karir anda cepat menanjak.

Salah satu cara agar anda mendapat perhatian khusus dari atasan dan tentu rekan kerja, adalah dengan menjaga wibawa anda sendiri. Pegawai yang memiliki wibawa, tentu akan mendapat nilai plus dari atasan dan rekan kerja. Ini tentu akan mempermudah anda untuk mencapai jenjang karir yang lebih baik.
Namun terkadang ada sedikit kekeliruan ketika orang bicara tentang tampil berwibawa. Selama ini, berwibawa identik dengan sikap dan kata-kata yang tegas dan profesional dalam bekerja. Bahkan tak sedikit orang yang beranggapan bahwa berwibawa itu adalah milik atasan saja. Padahal ada banyak cara untuk membuat anda terlihat berwibawa di mata atasan dan rekan kerja anda.

Yang paling gampang adalah dengan memperbaiki tampilan luar anda. Cobalah anda perhatikan cara anda berpakaian ketika ke kantor. Apakah sudah menggambarkan penampilan seorang profesional?

Jika anda ingin dilihat sebagai seorang profesional, atau seorang eksekutif, maka berpenampilanlah selayaknya seorang eksekutif. Perhatikan pakaian dan tatanan rambut anda. Gunakan pakaian yang bersih dan rapih. Jika anda pria, usahakan rambut anda tidak terlalu panjang dan tertata rapih. Jika anda wanita, cobalah potongan rambut yang rapih dan tampil sedikit dewasa.

Meskipun saat ini anda seorang pegawai biasa, bukan berarti anda cukup berpakaian seadanya. Cobalah tampil lebih rapih, ini akan menggambarkan bahwa diri anda adalah seorang profesional. Dan bukan tak mungkin atasan anda akan memberi harapan anda dapat bekerja sebaik anda berpenampilan.

Dalam lingkungan kerja, cobalah ‘terlihat’ dominan, atau setidaknya terlihat dapat diandalkan. Misal ketika rapat, jangan ragu mengutarakan pendapat dengan kalimat yang singkat dan tepat sasaran. Tidak perlu berpendapat panjang lebar, cukup 1 kalimat padat saja. Jangan lupa pula untuk selalu mencatat hal penting ketika rapat berlangsung. Jangan ragu dan malu untuk melakukannya, meski mencatat identik dengan didikte saat jaman kuliah. Itu akan menunjukkan anda fokus dengan apa yang dibahas saat rapat, dan orang lain akan merasa bahwa anda dapat diandalkan karena telah menyimak dan mencatat poin penting saat rapat berlangsung.



Hal penting berikutnya untuk tampil lebih berwibawa dan dihargai adalah jaga kepribadian anda. Yang terutama adalah tentu membedakan pembahasan masalah pribadi dan masalah pekerjaan. Masalah pribadi anda cukup untuk konsumsi anda sendiri, tidak perlu dibawa dan dijadikan bahan obrolan di kantor. Jangan pernah pula bertindak bodoh di dunia maya, misalnya di jejaring sosial. Ingat, anda tidak hanya berteman dengan diri anda sendiri. Apa yang anda lakukan di Internet, akan menjadi gambaran diri anda yang sebenarnya.

Hal yang terakhir adalah buka diri anda. Kesalahan besar yang sering dilakukan pegawai adalah hanya fokus pada pekerjaan dan tanggung jawabnya, hingga lupa untuk bersosialisasi. Cobalah bersosialisasi dalam tahapan normal ketika pekerjaan anda telah rampung. Bantu teman anda menyelesaikan pekerjaannya, atau bahkan sekedar bertanya tentang pekerjaan rekan kerja anda. Jangan segan pula menyapa atasan, dan menyampaikan ide dan unek-unek terkait kemajuan perusahaan. Bergaullah dengan semua lapisan rekan kerja dan atasan. Ini akan melebarkan sayap anda.

Semua hal diatas adalah berbagai tips agar anda terlihat berwibawa di mata rekan kerja dan atasan anda. Namun itu semua juga tergantung dengan sifat dan prilaku diri anda sendiri. Di dalam lingkungan kerja, jadilah seorang pekerja dan pegawai yang baik. Jangan berusaha tampil konyol untuk mendapat simpati, itu hanya membuat anda menjadi ‘teman yang lucu’. Ini akan membuat anda tidak disegani dan kehilangan wibawa. Ingat, perusahaan tidak butuh ‘teman yang lucu’, mereka butuh ‘pegawai yang baik dan dipercaya’.

Dan terakhir, kinerja pegawai tentu sangat menentukan kemajuan karirnya. Sebelum menerapkan semua hal diatas, pekerjaan anda tentunya yang menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, JANGAN PERNAH TIDUR DI LINGKUNGAN KERJA, karena itu nilai yang sangat minus bagi kemajuan karir anda!!


Baca Juga Tips Lainnya
Sumber : Berbagai sumber

Baca Juga Tips Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...