Monday, August 22, 2011

Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas / Second

Bagi beberapa kalangan, memiliki mobil sepertinya bukan lagi menjadi hal mewah, melainkan sudah menjadi kebutuhan hidup. Oleh sebab itu, beberapa tahun belakangan ini, pasar mobil bekas (second) mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Ini terlihat dengan menjamurnya showroom pedagang mobil bekas di tiap sudut jalan.

Membeli mobil bekas (second) sekarang ini bisa dibilang jauh lebih mudah dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Selain pilihan yang banyak, harga mobil bekas juga jauh lebih terjangkau dibanding jika kita membeli mobil baru. Bahkan saat ini banyak pihak pembiayaan yang bersedia membantu kita untuk membeli mobil bekas secara kredit.

Namun, membeli mobil bekas (second) tidaklah sama seperti membeli mobil baru. Ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan, agar kita tidak sampai mendapat hasil yang mengecewakan mengingat mobil bekas berarti mobil yang kondisinya perlu kita teliti lebih jauh. Oleh karena itu ada beberapa tips dan kiat yang perlu anda perhatikan jika anda berniat untuk membeli mobil bekas / second.

Sebelum anda membeli mobil, ada baiknya anda mempertimbangkan kebutuhan / keperluan anda akan mobil tersebut. Misalnya jika mobil ini nantinya akan dipakai ke kantor maka mobil yang irit bahan bakar merupakan pilihan yang baik. Atau jika mobil ini akan digunakan mudik untuk anda sekeluarga, maka mobil yang memiliki kapasitas luas adalah pilihannya. Hal ini tentu akan berpengaruh besar dengan jenis dan tipe mobil yang akan menjadi incaran anda nantinya.

Setelah menentukan jenis mobil yang anda inginkan sesuai kebutuhan, berikutnya periksa keadaan keuangan atau kemampuan finansial anda. Jangan lupa perhitungkan biaya ‘peremajaan’ dan perawatan untuk mempermanis mobil jika anda mengincar mobil yang cukup berumur. Jika anda berniat mengincar mobil bekas dengan sistem pembayaran kredit, jangan lupa memperhitungkan kemampuan kredit dan pembayaran uang mukanya.

Untuk menambah kepuasan pencarian anda nantinya, anda juga dapat membuat list tentang apa saja yang anda inginkan ada di mobil anda ini nantinya. Misalkan saja power steering, central lock, sistem pendingin udara, sistem audio dan lain sebagainya. Anda juga dapat membuatnya secara prioritas, mulai yang paling penting, hingga yang bisa ditambahkan nantinya.

Jika anda sudah menentukan jenis dan tipe mobil yang diinginkan, maka ada beberapa hal yang patut anda perhatikan dalam memilih mobil bekas. Berikut beberapa hal yang menjadi poin penting dalam memilih mobil bekas.

Perhatikan Detail Fisik Kendaraan
Mobil bekas / second, khususnya yang telah cukup berumur, membutuhkan ketelitian anda untuk memperhatikan fisik kendaraan. Perhatikan keadaan body dan chasis mobil tersebut. Mobil dengan body yang masih orisinil / kaleng tentu lebih baik meski cat pudar, karena kita dapat melihat nat body yang masih lurus atau sudah tidak lurus dikarenakan kecelakaan atau terguling. Bandingkan bila anda memilih mobil dengan cat mulus namun body sudah penuh dempulan. Dempulan dapat membuat nat mobil yang tidak lurus menjadi tertutupi, sehingga menutupi hal yang tidak diinginkan pada mobil anda nantinya.

Cek Mesin dan Kaki Kendaraan Dengan Ahlinya
Jangan ragu membawa rekan atau montir kenalan anda yang mengerti benar soal mesin. Pastikan mesin dalam kondisi normal, tidak ada yang bocor atau oli yang menetes. Meski membeli mobil second berarti membutuhkan peremajaan mesin ekstra, namun menghindari hal fatal adalah sangat dianjurkan.

Untuk cek kemampuan dan keadaan mesin, anda juga dapat melakukan test drive mobil tersebut. Jangan sungkan melakukan test drive dengan kebiasaan mengemudi anda. Lalui jalur yang biasa anda gunakan, coba kemampuan mobil tersebut dalam batas normal. Lalu perhatikan apakah pergantian gigi normal, apakah ada getaran mesin yang aneh, atau bunyi-bunyian yang membuat anda menjadi ragu.

Jangan lupa juga memberikan perhatian khusus pada sektor kaki-kaki. Bawa kendaraan ke tempat yang luas dan lega seperti lapangan. Lakukan maneuver kendaraan, jangan ragu putar kemudi hingga mentok. Jika kurang nyaman, atau bahkan muncul bunyi-bunyian dari sektor kaki, anda patut mempertimbangkan ulang untuk meminang mobil tersebut.

Cek Kelengkapan dan Kecocokan Surat Kendaraan
Sebelum memutusan membeli, cek kelengkapan surat kendaraan tersebut. Jika sudah lengkap, jangan lupa cocokkan pula data pada surat-surat dengan fisik kendaraan. Nomor rangka, dan nomor mesin misalnya perlu diperhatikan khusus. Jika ada perbedaan, maka kemungkinan mobil tersebut bermasalah, atau memang sudah dimodifikasi tukar mesin dan sebagainya.

Membeli mobil bekas, berarti membeli ‘yang dibuang’ orang lain. Tidak ada salahnya anda mempertanyakan sejarah mobil tersebut, bagaimana perawatan sebelumnya, apakah pernah terendam banjir atau kecelakaan. Jika si empunya bercerita yang ‘no problem’, namun anda melihat ada yang janggal pada mobil tersebut, mungkin anda patut mencari pembanding lainnya.
Baca Juga Tips Lainnya

Sumber : Berbagai sumber

Baca Juga Tips Lainnya :



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...