• home
Home » , » Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis - Part II

Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis - Part II

Pada post sebelumnya, saya telah menulis Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Bagian I. Untuk melanjutkan postingan, maka saya akan menuliskan Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Bagian II.

Jeruk Nipis Berkhasiat Meredakan Sakit Panas
Air jeruk nipis ternyata bisa digunakan sebagai media untuk menurunkan panas. Caranya cukup campurkan air jeruk nipis, air kapur sirih dan sedikit minyak kelapa, aduk hingga kental. Setelah itu oleskan pada kening dan ubun-ubun penderita panas, dan tempelkan handuk kecil yang telah dicelup ke cairan tersebut.

Air Jeruk Nipis Bermanfaat Sebagai Anti Mabuk
Untuk menggunakan air jeruk nipis sebagai anti mabuk sangatlah mudah. Peras jeruk nipis, dan campurkan dengan segelas air dingin. Setelah itu, minum campuran ini sebelum anda bepergian. Untuk memudahkan meminumnya, anda juga bisa menambahkan gula secukupnya.

Jeruk Nipis Berkhasiat Meredakan Nyeri Tenggorokan
Nyeri tenggorokan dapat disebabkan oleh banyaknya debu dan asap di jalanan yang anda hirup, kebiasaan merokok, atau bisa juga karena bakteri dan selesma yang akut. Keadaan seperti ini membuat suara menjadi serak, bahkan kadang sulit untuk berbicara. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan ramuan jeruk nipis.

Ambil air dari 1 buah jeruk nipis yang sudah tua (belum terlalu masak), campur dengan 1 sendok teh madu, 1 sendok teh pinang sirih atau gambir yang dihaluskan, lalu larutkan dengan 3/4 gelas air putih. setelah teraduk rata, biarkan larutan selama semalam untuk diembunkan. Pada pagi hari setelah bangun tidur, minum larutan ini dan gunakan untuk berkumur.

Jeruk Nipis Berkhasiat Untuk Mengurangi Sakit Gigi
Untuk mengurangi rasa nyeri saat sakit gigi, caranya cukup sederhana. Cukup campurkan masing-masing 1 sendok makan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam, dan gilingan legetan warak. Setelah itu campurkan juga 3/4 cangkir air garam dan diaduk hingga merata. Selanjutnya air adukan tersebut di saring hingga, dan gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Lakukan sebanyak 4 hingga 6 kali sehari saat anda terkena sakit gigi.

Jeruk Nipis Berkhasiat Untuk Mengobati Terkilir
Untuk mengobati anggota tubuh yang terkilir, anda dapat menggunakan tiga Buah jeruk nipis masak dan yang banyak airnya. Belah tiap jeruk menjadi dua bagian dan masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura.

Ramuan tersebut dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Untuk membantu penyembuhan, minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

Selain untuk mengobati bagian tubuh yang terkilir, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengobati keseleo. Caranya dengan meramu cabe rawit 4-9 buah, sedikit kapur sirih di giling halus, kemudian di campur air jeruk nipis. Sapukan dan urut-urutkan hasil ramuan tersebut pada tempat yang sakit.

sumber : berbagai sumber ^,^