• home
Home » , » Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Berlebihan

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Berlebihan

Pada postingan sebelumnya, saya menulis tentang apa itu jerawat dan penyebab munculnya jerawat. Dan kini, saya akan mencoba menulis beberapa cara untuk menghindari munculnya jerawat secara berlebihan.

Ada banyak cara dan tips yang bisa kita cari di internet tentang bagaimana cara yang baik untuk menghindari jerawat pada kulit kita. Berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat dan berguna untuk anda terapkan.

Hilangkan kebiasaan yang salah
Jangan pernah menggunakan sesuatu yang berminyak dan berat pada rambut atau wajah Anda. "Saya pernah punya pasien yang mengoleskan minyak vitamin E di kulit mereka, lalu kebingungan mengapa jerawat mulai bermunculan," ujar Pat Wexler, ahli dermatologi dari New York

Selidiki gaya hidup Anda
Stres, insomnia, mengonsumsi pil KB secara tidak teratur, perawatan kesuburan, atau mengonsumsi obat-obatan antidepresi, dapat mematikan hormon-hormon dan menyebabkan jerawat. "Pil-pil KB bisa membuat perbedaan besar jika Anda cenderung berjerawat saat sedang haid," kata Katie Rodan, juga seorang dermatolog, yang berbasis di Oakland, California.

Rajin membershikan wajah / pori pori yang tersumbat
Cuci wajah Anda minimal dua kali sehari, dan satu kali lagi jika Anda baru selesai berolahraga. Mencuci muka waktu pagi dan sore mempunyai efek yang berbeda.

Hentikan peradangan jika terjadi iritasi pada kulit
Hati-hati bila terjadi iritasi pada kulit, karena hal ini akan membuat jerawat bertambah parah. Berikan obat yang drekomendasikan untuk megatasi iritasi, khususnya yang aman untuk wajah.

Jangan menyentuh jerawat anda
Inilah "penyakit" kita: bila kulit muka terasa kasar atau berjerawat, kita justru ingin terus menyentuhnya. Padahal menyentuh jerawat hanya akan memperparahnya. "Biarkan saja, jerawat itu biasanya akan menghilang dalam 8 hari," kata Wexler. "Tetapi jika Anda memencetnya, Anda akan membutuhkan tiga hingga empat minggu untuk menyembuhkannya."

Jangan tidur dalam keadaan wajah kotor/berkosmetik
Tidur dengan wajah kotor (tidak mencuci muka), atau menggunakan kosmetik membuat pori-pori wajah tersumbat dan tidak dapat "bernafas". Hal ini akan memicu timbulnya jerawat. Bersihkan wajah anda dari sisa kosmetik sebelum anda tidur.

.