• home
Home » , » Terbangun Dari Koma, Nenek 94 Tahun Asal China Fasih Berbicara Bahasa Inggris

Terbangun Dari Koma, Nenek 94 Tahun Asal China Fasih Berbicara Bahasa Inggris

Liu Jieyu (foto: mirror.co.uk)

Sangat membingungkan ketika seorang nenek yang sudah tua tiba-tiba pandai berbicara bahasa Inggris setelah terbangun dari koma. Anehnya lagi, sang nenek tidak bisa berbicara bahasa aslinya, yaitu bahasa China.

Dikutip Mirror, nenek berusia 94 tahun bernama Liu Jieyu itu sebelumnya memang bekerja sebagai guru bahasa Inggris. Tetapi keluarganya bersikeras bahwa Liu sudah tidak berbicara bahasa Inggris lagi selama lebih dari 30 tahun.

Liu menderita stroke yang membuatnya berada dalam kondisi koma. Dua minggi kemudian, ia terbangun dari komanya dan ia kehilangan kemampuan bahasa aslinya sendiri. Tapi ia sangat fasih berbicara dalam bahasa Inggris.

Menurut salah satu petugas medis di Changsa, China, ia berbicara secara perlahan tapi sangat jelas dalam bahasa Inggris yang sempurna. Seperti, ketika Liu menanyakan sesuatu seperti ini, "Where am I? What is happening?"

"Saya tidak pernah ingat memiliki kasus seperti ini sebelumnya, tapi kami mengantisipasi dengan rehabilitasi yang tepat dan ia (Liu) harus beristirahat untuk mendapatkan kembali kemampuan bahasa China nya," ujar Dr Tao Hou.

"Kami beramsumsi bahwa daerah (pada otak Liu) yang berurusan dengan kemampuannya untuk berbicara bahasa China telah rusak, namun sel-sel otak memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri sampai batas tertentu," tambah Dr Tao.