• home
Home » , , » 6 Makanan Sehat Dan Aman Untuk Ibu Hamil

6 Makanan Sehat Dan Aman Untuk Ibu Hamil

Daging rendah lemak (foto: livestrong.com)

Selama masa kehamilan, para ibu harus memperhatikan asupan makanan yang masuk setiap harinya. Pasalnya apa yang dimakan ibu hamil, itu juga menjadi makanan bayi dalam janinnya. Jadi, jika banyak mengonsumsi makanan yang sehat, besar kemungkinan bayi tersebut terlahir dengan keadaan sehat pula.

Oleh sebab itu ibu hamil tidak boleh sembarang mengonsumsi makanan yang dinilai kurang sehat. Tapi jika bingung memilih mana makanan yang sehat dan aman untuk bayi selama masa kehamilan, berikut kami sajikan makanan-makanan sehat untuk ibu yang sedang hamil.

6. Sayuran

Mengonsumsi banyak sayuran sangat diperlukan selama masa kehamilan. Sebelum memasak sayuran, pastikan sayuran tersebut sudah dicuci sampai bersih dan dimasak dengan baik, sehingga semua bakteri yang tertempel dalam sayuran menghilang.

5. Buah-Buahan

Buah-buahan seperti jeruk mengandung banyak vitamin C, yang sangat baik bagi pertumbuhan kulit bayi. Jadi memiliki beberapa buah-buahan sangat baik selama masa kehamilan, asalkan jangan yang terlalu asam atau olahan.

4. Ikan

Ikan memang dikenal sebagai makanan yang banyak mengandung protein dan bisa meningkatkan kinerja otak. Tak heran kalau ibu hamil yang suka makan ikan setidaknya sekali dalam satu hari bisa saja memiliki bayi yang cerdas. Sebelum memulai memasak ikan, pastikan ikan tersebut dalam kondisi yang segar dan sudah dicuci hingga bersih.

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dapat menjaga stamina selama masa kehamilan. Selain itu kacang-kacangan seperti almond, mete, atau kismis sangat baik untuk pertumbuhan bayi karena mengandung banyak protein.

2. Daging Tanpa Lemak

Siapa bilang selama hamil seorang ibu tidak boleh mengonsumsi daging. Justru daging sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi karena mengandung banyak protein. Tapi jangan sampai mengonsumsi daging merah karena mereka mengandung banyak lemak yang tidak baik bagi tubuh. Jadi, pilihlah daging dengan tingkat lemak yang rendah.

1. Minum

Selama masa kehamilan jangan sampai tubuh kekurangan cairan alias kurang minum. Selain air putih, minuman sehat lainnya yang dapat dikonsumsi ketika hamil adalah teh hijau, susu, dan jus buah segar tanpa banyak gula. Usahakan jangan sampai meminum soda karena tidak terlalu baik bagi perut.