• home
Home » , , » Mengenal Jenis Barang Original, OEM dan KW

Mengenal Jenis Barang Original, OEM dan KW

Seringkali ketika kita berbelanja, seringnya secara online, kita mendapatkan sebuah tag “barang ori”, “barang OEM”, atau juga yang paling sering atau umum adalah “barang KW”. Meski diimingi dengan ‘kualitas nomor 1’, tetap saja ketiga jenis barang tersebut memiliki perbedaan. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengetahui apa itu barang ori / original, OEM dan KW agar tidak tertipu oleh penjual.

Barang Ori / Original / Asli
Barang Ori, atau original, bisa dipastikan adalah barang asli keluaran pabrik atau produsen yang dipasarkan dengan standar perusahaan mereka. Barang ini tentu telah melalui quality control yang telah ditentukan, sehingga kualitas barang terjaga standarnya.

Barang original biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibanding OEM, apalagi KW. Selain dikarenakan kualitas yang baik, merk / branded barang ori tentu memiliki nilai tersendiri di pasaran. Dan tidak sedikit konsumen yang lebih bangga bila menggunakan barang branded ori.

Barang OEM
Untuk konsumen yang awam, barang OEM tentu sebuah hal yang kurang dipahami. Jika sudah menggunakan bahasa awam, sebenarnya OEM justru lebih mudah dipahami. OEM, atau Original Equipment Manufacturer, adalah sebuah barang yang dipasarkan oleh sebuah brand, namun produksinya dilakukan oleh perusahaan / produsen lain yang biasanya sudah memiliki nama besar.

Sebagai contoh, perusahaan ponsel merk A memesan mesin ponsel di perusahaan / pabrik ponsel merk B yang telah ternama sebelumnya. Nah mesin ponsel ini kemudian dipasarkan dengan ponsel merk A. Ponsel inilah yang kemudian disebut OEM produsen B, dikarenakan meski merk nya A, namun menggunakan mesin ponsel B yang ternama.

Bisa dibilang, OEM adalah langkah yang ditempuh sebuah merk untuk memasarkan barang berkualitas merk lain, namun dengan merk mereka sendiri. Biasanya, barang OEM ini kebanyakan dilakukan oleh pelaku pasar elektronik, gadget atau otomotif.

Keuntungan kita sebagai konsumen terhadap produk OEM, adalah kita bisa mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang biasanya lebih murah dibanding barang yang sama dengan merek yang sudah ternama. Kualitas juga bisa dipastikan sama. Namun untuk yang ‘pemakai brand’, barang OEM tentu tidak bisa menunjukkan branded yang ternama sebelumnya.

Barang KW
Nah, untuk jenis barang yang satu ini, paling sering kita temui di pasaran. Biasanya barang KW ini banyak untuk jenis barang fashion. Lalu apa itu barang KW?

Barang KW adalah barang yang pada dasarnya dibuat semirip mungkin dengan barang asli / ori. Mulai dari bentuk, desain, hingga bahan dasar. Tujuannya adalah menciptakan replika semirip mungkin dengan barang ori branded (yang biasanya sangat mahal), sehingga bisa dipasarkan dengan harga murah dan terjangkau.

Barang KW sendiri memiliki beragam golongan, yang menurut saya, sangat membingunkan. Sebut saja KW Super, KW 1, KW2 hingga KW yang lainnya. Biasanya, semakin mirip dengan barang aslinya, barang KW ini memiliki harga yang semakin mahal. Bahkan ada barang KW yang begitu miripnya, hingga barang KW ini juga memiliki surat-surat keaslian persis seperti barang original.

Keuntungan barang KW ini adalah barang ini biasanya dijual dengan harga yang relative murah. Namun sayang, karena diproduksi untuk mengejar keuntungan, kualitas barang KW biasanya diragukan. Meski tergolong KW super, kita sebagai konsumen tetap harus teliti dalam memeriksa detail kualitas barang tersebut.

Kebanyakan orang membeli barang KW karena mengejar fungsinya, dan bukan orang yang brand-minded. Namun dimata pecinta fashion, atau bahkan kolektor, barang KW jelas merusak ‘style’ mereka. Karena barang yang mereka gunakan dibeli dengan harga wah untuk bergaya, tidak terlihat orisinalitasnya dikarenakan banyaknya pengguna barang KW yang tidak dapat dibedakan.

Baca Juga Tips Bermanfaat Lainnya
Sumber : Berbagai sumber