• home
Home » , » Kulit Buah-Buahan Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Kulit Buah-Buahan Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Buah-buahan memang terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Selain kayak serat, buah juga mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Bahkan tak sedikit buah juga berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Sebut saja buah sirsak yang bermanfaat melawan sel kanker, dan buah tomat yang berkhasiat bagi kecantikan.

Namun siapa sangka, buah yang kita konsumsi selama ini memiliki manfaat tak hanya di daging buahnya saja. Beberapa jenis buah-buahan justru memiliki kulit yang dapat dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, sebelum anda membuang kulit dari buah yang anda makan, ada baiknya anda tahu beberapa jenis buah yang kulitnya dapat dimanfaatkan berikut ini.

Kulit Apel Sebagai Obat Alami Diare
Kulit buah apel ternyata bermanfaat untuk mengatasi diare. Caranya, ambil kurang lebih 15gr kulit apel yang telah dikeringkan dan dihaluskan, seduh dengan air hangat. Minum secara rutin selagi perut kosong.
Selain itu, kulit apel juga dapat membantu menghilangkan dahak dari tenggorokan anda. Caranya cukup campurkan sekitar 30gr kulit apel segar dengan air, dan minum.

Manfaat Kulit Buah Mentimun
Selain untuk dikonsumsi sebagai lalapan, buah mentimun sudah umum digunakan kaum hawa sebagai masker untuk mata yang lelah. Namun ternyata, mengkonsumsi mentimun dengan kulitnya, dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada tenggorokan. Selain itu, kulit mentimun juga diketahui mengandung assam caffeic yang dapat melawan bakteri dan membantu merangsang sel darah putih.
Kulit Jeruk Bali Pengusir Batuk dan Asma
Siapa sangka kulit jeruk bali bermanfaat untuk mengusir batuk membandel, dahak dan menekan asma. Caranya , campurkan irisan kulit jeruk bali , tambahkan beberapa gula, madu, cokelat dan kukus selama sekitar 30 menit. Kemudian tambahkan sedikit anggur kuning (yellow wine) hangat. Ambil satu sendok di pagi hari dan kembali di malam untuk mengobati batuk bandel dan asma.

Kulit Jeruk Untuk Menambah Nafsu Makan
Minum teh kulit jeruk kering ternyata juga dapat merangsang nafsu makan anda, dan membuat tubuh terasa lebih energik. Caranya cukup seduh kulit jeruk kering dengan air panas, dan minum seperti teh pada umumnya.
Selain itu, kulit jeruk kering juga dapat mengurangi tekanan darah, mengusir dahak, meredakan batuk, memperkuat limpa. Kulit jeruk kering mengandung bahan yang dapat memperluas koroner saluran untuk mencegah penyumbatan sirkulasi darah.

Baca Juga Tips Lainnya

Sumber : Berbagai sumber